Begini Kondisi Desa Terdingin di Muka Bumi

Di pertengahan Januari 2018 ini di Oymyakon tercatat suhu terendahnya yakni minus 67,7°C. Ini merupakan suhu terendah yang pernah tercatat di belahan bumi utara dan suhu terendah untuk lokasi berpenghuni di muka bumi.

Jika Anda berpikir betapa dinginnya tempat di mana Anda tinggal, sepertinya belum seberapa dibanding yang dialami orang-orang di desa Oymyakon, Republik Sakha, sebelah timur laut Rusia. Ketika Amos Chappel, seorang fotografer dari Selandia Baru pergi ke lokasi yang beku ini, dia mengambil foto-foto menakjubkan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dari desa berpenduduk sekitar 500 orang ini.

Satu-satunya jalan menuju Oymyakon adalah jalan raya Kolyma atau “jalan tulang” yang dibangun hasil kerja paksa napi Gulag di zaman Stalin. Saking dinginnya, dapat dilihat kabut dingin memasuki bangunan-bangunan di sana ketika pintu dibuka. Di sebuah pasar di sana, ikan-ikan beku dijajakan begitu saja tanpa perlu mesin pendingin.

sumber foto: boredpanda.com

Terdapat pabrik pembakaran batubara yang memberikan kehangatan bagi penduduk setempat. Hanya ada satu toko umum di desa tersebut. Untuk menjaga agar sapi-sapi tetap hangat, petani setempat membuat gudang khusus. Tanda di desa tersebut bertuliskan “Kutub Dingin”. Mobil-mobil di sana harus tetap dinyalakan, jika tidak begitu mobil akan membeku dan sulit dihidupkan kembali. Anjing-anjing piaraan di desa tersebut memiki bulu ekstra tebal agar tetap hangat.

sumber video: youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *