Kontroversi dan Drama Leg Kedua Madrid VS Juve

Laga leg kedua Real Madrid kontra Juventus di babak 8 besar atau perempat final Liga Champions UEFA musim 2017/2018 yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabéu pada hari Kamis (12/4/2018) dini hari WIB menyisakan kontroversi dan drama. Sejak pertandingan dimulai, Juve begitu berambisi ingin mengejar ketertinggalannya setelah kalah 0-3 di leg pertama minggu lalu.

Di babak pertama, gelandang Juve Mario Mandzukic mencetak gol cepat lewat sundulannya setelah Stephan Lichtsteiner memberi umpan di menit 1 detik 16. Mandzukic kembali menanduk bola ke gawang Madrid pada menit 37. Gol Juve kembali tercipta di menit ke 60 ketika Blaise Matuidi melesakkan bola yang terlepas dari tangkapan kiper Madrid Keylor Navas. Dengan 3 gol ini, Juve berhasil menyamakan kedudukan skor agregat 3-3.

Namun di masa injury time menit 90’+3, terjadi pelanggaran ketika bek Juve Medhi Benatia tampak menjatuhkan penyerang Madrid Lucas Vázquez di kotak terlarang Juventus. Wasit Michael Oliver pun langsung menunjuk titik putih tanda diberikannya tendangan penalti untuk Real Madrid. Tidak terima dengan keputusan wasit tersebut para pemain Juve memprotes keras. Bahkan kiper Juve Gianluigi Buffon diganjar kartu merah atas tindakan berlebihannya terhadap Oliver.

Suara para pendukung Madrid bergemuruh saat Christiano Ronaldo yang menjadi eksekutor penalti mencetak gol penentu di menit 90’+8. Namun Ronaldo diacungkan kartu kuning karena membuka bajunya ketika melakukan selebrasi gol. Madrid sebagai tuan rumah pun berhak maju ke babak semifinal dengan kemenangan skor agregat 4-3 atas Juve. Sejumlah pihak terutama Bianconeri menyayangkan keputusan wasit yang memberikan kartu merah kepada Buffon dan penalti kepada Los Blancos di masa injury time.

sumber foto: nytimes.com

sumber video: youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *